keterangan

Gini ni Alasan Orang Indonesia Mau Nonton Film ke Bioskop Menurut Para Pengamat



Info-ponorogo , Ponorogo - Sebuah survei yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ), menunjukkan alasan utama orang datang ke bioskop untuk menonton film.

Dua alasan tersebut adalah tema cerita dan genre, serta jenis film.

Dari data 1.100 responden terungkap bahwa sebanyak 46 persen penonton film memilih film berdasarkan cerita. Kemudian, sebesar 24 persen orang menonton film Indonesia dengan alasan genre dan jenis film.

"Persentase ini menunjukkan bahwa penonton film Indonesia masih menganggap film sebagai bentuk hiburan. Penonton Indonesia belum melihatnya dari sisi sinematis," ungkap Mohamad Ariansah, Dosen FFTV IKJ, di IKJ, Jakarta, Sabtu (28/11/2015).

Film merupakan hiburan yang bisa membuat penonton lepas dari kehidupan sehari-hari. Ini menjadi alasan kuat bagi para penonton datang ke bioskop.

"Penonton film tidak mau melihat keseharian yang mereka lihat dalam berita, muncul di film yang mereka tonton. Ada pekerjaan imajinasi di sana yang penting," ujar Budi Wibawa, Dosen FFTV IKJ.

Alasan lain adalah karena aktor dan aktris sebesar 12 persen, trailer yang menarik sebanyak 12 persen, faktor sutradara 1 persen, dan sampling eror 5 persen.

Penelitian Hasil Survei Penonton Film Indonesia ini dilakukan pada September hingga Oktober 2015, di sembilan kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, Banjarmasin, dan Ambon.

ROS


0 Response to "Gini ni Alasan Orang Indonesia Mau Nonton Film ke Bioskop Menurut Para Pengamat"

Post a Comment